About Me

header ads

Peran Pemuda Melawan Korupsi

peran pemuda melawan korupsi
Katakan lawan pada korupsi

Berbicara tentang korupsi, sebenarnya ini merupakan suatu kejadian yang sudah dari dulu kita dengar dan masih eksis di negara tercinta ini. Adanya tindak korupsi tersebut banyak terjadi pada para pemangku kebijakan yang secara sewenang-wenang mempergunakan kekuasaannya, baik di jajaran perangkat pemerintahan desa, kecamatan, kabupaten atau kota bahkan sampai provinsi dan pusat.

Seperti contoh di kalangan pemerintahan desa yakni kasus korupsi di daerah kabupaten Malang, yakni Kades Tulus Besar, Kecamatan Tumpang. Dimana Pak Kades Tulus Besar saat ini ditahan karena melakukan tindak pidana korupsi adanya bukti melakukan penahanan terkait penyelewengan dana desa tahun 2020 sebesar 240 juta pada tahun 2021. Selanjutnya contoh kasus tindak pidana korupsi yang ada di Kota Malang yang melibatkan 41 dari 45 anggota DPRD Kota Malang termasuk Ketua DPRD oleh KPK, yang terlibat kasus suap oleh wali kota pada saat itu yakni Moch. Anton.

Berbagai upaya yang dilakukan dalam memberantas korupsi tentu sudah dilakukan dari dulu, seperti memberi hukuman lebih berat kepada pelaku dan lain sebagainya. Namun masih marak kita lihat adanya operasi tangkap tangan (OTT) terhadap pelaku tindak pidana korupsi di berita maupun media massa seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya. Hal tersebut menggambarkan bahwasannya tindak korupsi di negeri ini ibarat sudah menjadi kopi hitam yang masih eksis di zaman ini namun pahit juga kalau dirasa, kalau korupsi tetap saja ada.

Korupsi dalam arti sosial diasosiasikan sebagai perilaku menyimpang yang melawan norma dalam masyarakat dan berhubungan dengan jabatan atau pekerjaan. Salah satu dari berbagai efek negatif yang berbahaya dari adanya korupsi adalah rusaknya generasi muda kedepannya. Pasalnya saat ini di lingkungan masyarakat, korupsi telah menjadi tontonan dan makanan rutin seperti yang kita lihat di media massa setiap hari nya. Hal tersebut secara tidak sadar berdampak pada generasi muda saat ini seperti timbulnya pribadi antisosial.

Generasi muda menganggap bahwa tindak korupsi ini sudah menjadi hal yang biasa atau bahkan menjadi budaya. Adanya sikap tersebut mengakibatkan perkembangan pribadi generasi muda cenderung terbangun dengan sifat tidak jujur dan tidak bertanggung jawab. Jika hal seperti ini terus tumbuh subur di generasi muda kedepannya, tidak bisa dibayangkan betapa redup dan suramnya masa depan kita ini.

Berbicara tentan generasi muda, lebih luwes kita sebut dengan pemuda. Peran muda saat ini selayaknya dapat sebagai agen perubahan, kontrol sosial dan iron stock. Dimana peran muda sebagai agen perubahan ialah agen penggerak yang membawa lingkungannya kepada perubahan yang lebih baik. Pemuda sebagai kontrol sosial, dimaksudkan dalam upaya monitoring perilaku yang ada pada lingkungan, sehingga tidak melanggar norma-norma dan nilai-nilai yang ditetapkan.

Hal yang biasa dilakukan dalam menjalani peran sebagi kontrol sosial seperti meningkatkan kesadaran sosial, menjadi tauladan yang baik dan memiliki tanggungjawab dan kesadaran yang tinggi. Setelah itu peran pemuda sebagai iron stock merujuk pada tanggung jawab pemuda saat ini dalam memperjuangkan kepentingan bersama.

Namun sebelum itu, selayaknya pemuda perlu dipersiapkan dengan pengetahuan yang cukup, ketrampilan yang sesuai dan sikap yang diperlukan guna membangun masyarakat yang kuat dan sejahtera. Hal tersebut juga dimaksudkan agar para pemuda dapat menghadapi tantangan yang ada serta dapat mengatasi masalah yang dihadapi di masyarakat. Ketrampilan perlu baik dalam segi berkomunikai, negoisasi, manajemen yang baik dan dalam memimpin sesuatu.

Dari berbagai pemaparan sebelumnya itu lah peran pemuda sangatlah penting dan krusial. Untuk melawan adanya korupsi hari ini dan seterusnya, pemuda harus mengambil tanggung jawab untuk membangun kesadaran dan membentuk budaya anti korupsi.

Dari banyaknya upaya yang dapat dilakukan beberapa diantaranya seperti;1)Mengembangkan kesadaran anti korupsi. Pemuda saat ini harus membangung kesadaran ini dan mengajarkan nilai-nilai tersebut kepada masyarakat. Seperti mengadakan seminar, lokakarya dan diskusi untuk membangun kesadaran mengenai bahaya korupsi serta mengajarkan sistematika pelaporan tindakan korupsi sebagai bentuk kerja sama dalam mengawal pemberantasan korupsi. 2)Mendukung upaya pemerintah. Tindakan ini dimaksudkan sebagai bentuk pengawalan pemuda terhadap bau-bau tindak korupsi dengan mengawasi tindakan-tindakan pemerintah serta mengkritiknya secara konstruktif. 3)Membentuk gerakan anti korupsi.

Hal tersebut tentu perlu untuk di upayakan sebab dengan adanya gerakan ini dapat membangun kekuatan dengan bekerja sama dengan organisasi-organisasi masyarakat maupun mahasiswa untuk memerangi korupsi. Gerakan ini bisa dicontohkan sebagaimana membuat petisi dan mengajukannya kepada pemerintah sebagai wujud protses atas adanya tindakan korupsi dan juga agar pemerintah mengambil tindakan untuk memberantas tindakan-tindakan tersebut kedpannya. 4)Menerapkan prinsip jujur. Ini perlu diterapkan karena kita harus menghindari praktek-praktek kecil tindakan korupsi sebagai landasan dan bekal dalam bermasyarakat dan melakukan sesuatu.

5)Memperjuangkan transparansi dan akuntabilitas. Dalam memberantas korupsi, kita selaku pemuda dapat memperjuangkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan publik. Hal ini dapat diperjuangkan dengan meminta dan mencari informasi terkait anggaran publik serta menyelidiki tindakan-tindakan yang berpotensi korupsi. Melawan budaya korupsi bukanlah hal yang mudah, namun dengan melakukan tindakan kecil dari setiap pemudalah yang dapat membuat perbedaan besar dalam memerangi korupsi.

Seperti halnya membuat gerakan-gerakan kecil, memberi edukasi terhadapar masyarakat untuk bersama mengawal pencegahan tindak korupsi. Pemuda haruslah menjadi agen perubahan dan memainkan peran penting dalam membangun masyarakat yang jujur, bersih, beradab daan tanpa penindasan. Melakukan aksi yang tepat dan berbekal atas kesadaran, pemuda dapat berperan penting dalam melawan korupsi dan ikut serta memperbaiki kehidupan publik.

HIDUP RAKYAT INDONESIA

LAWANNNN!!!!!!

Penulis: Sandy Agung Sula Putra

Editor: Muhammad Rifki Amirudin

 


Posting Komentar

0 Komentar